Home » » Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Sejarah Komputer Generasi Ketiga


Sejarah Komputer Generasi Ketiga – Sebelumnya : Sejarah Komputer Generasi Kedua. Dalam Artikel kali ini saya akan membahas tentang sejarh komputer generasi ketiga, dimana meskipun transistor telah banyak sekali mengungguli tube vakum, namun masih ada kekurang transistor yakni panasnya yang cukup besar, sehingga dapat menyebabkan rusaknya bagian-bagian komponen dalam komputer. Namun batu kuarsa atau quartz rock dapat menghilangkan maslah ini.

Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan Sirkuit Terintegrasi (IC : Integrated Circuit). Integrated Circuit mengintegrasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian para ilmuan telah dapat memasukan lebih banyak komponen-komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Dengan adanya kemajuan ini maka komputer semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip tunggal yang lebih familiar disebut semionduktor. Selain itu pada komputer generasi ketiga dalam penggunaan sistem operasi (opertyng system) yang telah dapat menjalankan program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori pada komputer.

Dan Komputer ini untuk pertama kalinya digunakan oleh orang banyak karena lebih kecil dan juga harganya lebih murah dari komputer generasi sebelumya.
Nah, itulah sedikit review tentang Sejarah Komputer Generasi Ketiga, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda dalam bidang Komputer. Untuk komputer generasi keempat bisa klik tutan ini.

0 komentar: