Home » » Macam-macam Platform Untuk Gaming

Macam-macam Platform Untuk Gaming

Game, siapa yang tidak suka game atau permainan? Hampir semua orang menyukai bermain game komputer, game mobile, game sosial, dan lain-lain. Perkembangan game begitu cepat. Teknologi game juga terus ditingkatkan. Sekarang ini kita hidup di jaman yang luar biasa dimana hal-hal yang dulu hanya ada di impian dan angan-angan sekarang sudah mulai terealisasi. Salah satunya dalam dunia pengembangan permainan atau game development.

Ingat saat dulu kita bermain game di platform NES atau dulu biasa disebut Nintendo? Super Mario Bros sangat populer saat itu. Kemudian beberapa tahun kemudian muncul Playstation dengan improvisasi yang sangat luar biasa. Memungkinkan game dengan grafik 3D. Semakin berkembang setiap tahun, setiap hari, setiap detik. Para developer/pengembang game selalu membuat impian seakan menjadi kenyataan melalui game.

Sekarang ini ada banyak platform game, bukan hanya console, tetapi website juga menjadi sarana bermain game.

PC / Komputer
Adalah salah satu platform yang dapat digunakan untuk memainkan game. Ada banyak pengembang dan publisher game di platform ini dengan berbagai game yang menawarkan baik dari sisi grafis dan gameplay yang luar biasa. Contoh game yang ada di platform komputer adalah Call Of Duty, Assassin Creed, Final Fantasy XI & XIV, dan masih banyak lagi.

Console Game
Console game adalah alat yang digunakan untuk memainkan game. Contoh, Playstation, X-Box, NES, Gameboy, Nintendo DS, Nintendo Wii, dan masih banyak lagi. Console game hanya bisa memainkan game yang memang dibuat untuk dimainkan pada console tersebut.

Web Based Game
Siapa yang belum pernah memainkan game yang ada di jejaring sosial seperti Facebook dan Google+? Game yang ada di jejaring sosial merupakan game yang dijalankan dan dimainkan melalui web browser. Biasa juga disebut dengan browser game. Walaupun browser game juga tidak hanya yang  ada di jejaring sosial. Ada juga istilah lain untuk game yang ada di jejaring sosial yaitu Social Game karena memang game ini dimainkan bersama-sama.

Mobile Games
Perkembangan dunia game memang sangat cepat, dan siapa tahu perangkat seperti apa saja yang akan jadi alat untuk memainkan game. Sebagai gamer kita tunggu perkemangan dunia game selanjutnya.

Perangkat mobile juga jadi platform untuk game. Bahkan sekarang ini banyak smartphone yang memiliki kartu grafis / GPU dan mampu memainkan game 3D yang tidak kalah dengan platform lain.


0 komentar: