Home » » Sejarah Komputer Generasi Pertama

Sejarah Komputer Generasi Pertama



Sejarah Komputer Generasi Pertama – Komputer dari zaman ke zaman semakin berkembang, tentunya kita harus mengetahui tentang sejarah komputer dari generasi ke generasi, dengan mengetahui sejarah komputer maka kita dapat membedakan antara komputer dari generasi yang berbeda tersebut. Artikel kali ini akan membahas tentang sejarah komputer generasi pertama.
Awal perkembangan komputer terjadi pada Perang Dunia Kedua saat itu perkembangan komputer mengalami kemajuan dengan cukup cepat karena pendanaan untuk mengembangkan komputer ditingkatkan, alasannya karena komputer mempunyai potensi yang cukup menguntungkan. Sehingga pada generasi pertama ada beberapa jenis komputer. Saat itu pada tahun 1941, konrad Zusemembuat sebuah komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan juga pluru kendali. Selain itu dilain pihak Sekutu juga pada tahun 1943 membuat kemajuan dengan mengembangkan komputer, Inggris telah membuat komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan jerman dan komputer tersebut diberi nama Colossus.
Meskipun begitu tetapi Colossus tidak berpengaruh besar pada perkembangan Industri Komputer karena komputer ini bukanlah komputer yang bisa digunakan untuk berbagai macam pekerjaan (general purpose computer) pada saat itu Colossus hanya dibaut untuk memecahkan kode rahasia. Selain itu Colossus atau mesin pemecah kode rahasia ini terus dijaga kerahasiaanya hingga satu dekade setelah perang dunia saat itu berakhir.
Tube Vakum
Selanjutnya Amerika pada saat itu membuat suatu kemajuan lain di bidang komputer. Seorang Insinyur dari universitas Harvard yang bekerja dengan IBM yang bernama Howard H. Aiken (1900-1973),  telah mampu menghasilkan kalkulator elektronik untuk US Navy dengan ukuran yang besar degan panjang sekitar setengah lapanagn bola dan memiliki panjang kabel 500 Mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, adalah komputer relai elektronik. Komputer ini memanfaatkan sinyal elektromagnetik agar komponen mekanik dapat digerakan. Mesin kalkulator ini berjalan dengan sangat lambat untuk setiap perhitungannya ia membutuhkan 4-5 detik dan juga urutan kalkulasi tidak dapat diubah alaias tidak fleksibel. Mesin komputer ini dapat menghitung perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Selanjutnya perkembangan sejarah komputer pada generasi pertama ini adalah ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer, dan diproduksi dengan adanya kerjasama antara pemerintahan Amerika Serikat dengan University of Pennsylvania. Mesin komputer ini terdiri dari 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, dan 5 juta titik solder tentunya dapat dibayangkan bahwa mesin komputer tersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan juga mesni komputer ini mengkonsumsi daya 160kW ENIAC merupakan hasil rancangan John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980)
Komputer ini merupakan komputer yang serbaguna atau general purpose computer dan kecepatanya seribu kali lebih cepat dari kecepatan Mark I.
Di pertengahan tahun 1940 John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan university of Pensylvania dalam usaha membangun konsep pembuatan komputer hingga 40 tahun mendatang masih digunakan dalam teknik komputer. John Von Neumann membuat EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di tahun 1945 dan juga komputer ini dilengkapi dengan memori untuk menyimpan program dan juga data, dengan adanya teknik ini maka kemungkinan komputer berhenti suatu saat kemudaian komputer dapat melanjutkan kembali pekerjaannya.
Hal yang utama dalam arsitektur yang di buat Jhon Von Neumann adalah adanaya unit pemerosesan sentral atau CPU. dengan adanya CPU maka seluruh fungsi komputer dikoordinasikan dalam satu sumber tunggal, dan pada tahun 1951 Remingtond Rand membuat UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) dan menjadi komputer yang dapat menghasilkan yang memanfaatkan model desain dari John Von Neumann.
UNIVAC dimiliki oleh badan sensus Amerika Seikat dan Juga General Electric, UNIVAC juga berhasil memprediksi pemilihan presiden pada tahun 1952 yang dimenangkan oleh Dwilight D. Eisenhower.
Dapat disimpulkan bahwa pada generasi pertama Komputer memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Komputer pada generasi pertama didesai dengan instruksi yang telah ditentukan untuk melalukan tugas tertentu.
Pada setiap komputer memiliki bahasa mesin (machine language) yang berbeda hal tersebut tentunya membuat komputer menjadi sulit di program dan membatasi kecepatannya (bekerja dengan lambat).
Komputer Generasi Pertama menggunakan tube vakum sehingga komputer memiliki ukuran yang cukup besar dan juga penyimpanaan data menggunakan silinder magnetik. Untuk generasi kedua bisa klik tautan ini