Home » » Sejarah Komputer Generasi Kedua

Sejarah Komputer Generasi Kedua


Sejarah Komputer Generasi Kedua – Sebelumnya : Sejarah Komputer Generasi Pertama. Setelah pada awal sejarah dari komputer generasi pertama diciptakan beberapa komputer dengan masih banyak kekurangan yang ada. Di tahun 1948 komputer terus berkembang karena telah ditemukannya transistor. Dengan penemuan transistor ini maka barang-barang seperti televisi, radio dan komputer mengalami perubahan yaitu ukuran alat-alat elektronik tersebut berkurang drastis. Karena tube vakum digantikan oleh transistor.


Di tahun 1946 transstor mulai digunakan pada komputer. Pada saat itu ada penemuan lainnya diantaranya berupa pengembangan memori inti-magnetik yang membuat ukuran komputer pada generasi ini menjadi lebih kecil, cepat dan hemat energi dari ukuran generasi komputer sebelumnya. Superkomputer merupakan mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini. Stretch adalahnama komputer generasi kedua yang diciptakan oleh IBM dan LARC adalah komputer generasi kedua yang dibuat oleh Sprery-Rand. komputer komputer ini kemudian dikembangkan oleh laboratorium energi atom, dan dapat menangani sejumlah besar data. Mesin nya sangat mahal dan juga terlalu kompleks untuk kebutuhan bisnis, sehingga kepopulerannya terbatas.


Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: pertama di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang kedua di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.


Komputer pada generasi ini menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Di awal tahun 1960-an, kemudain mulailah muncul komputer yang dapat digunakan dalam bidang bisnis, pemerintahan maupun di universitas. Komputer ini memiliki komponen-komponen yang dapat disamakan dengan komputer pada saat ini : printer, memory, sistem operasi, penyimpanan dalam disket, dan program. komputer ini juga merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor.


Salahsatu contoh komputer nya adalah 1401 yang hampir digunakan di seluruh bisnis-bisnis besar di tahun 1965 dan digunakan untuk mengolah informasi keuangan.

Bahasa pemrograman dan program yang ada dalam komputer ini memberikan kemudahan dan juga meningkatkan kinerja bagi para pengguna bisnis dengan harga yang seimbang.


Dengan adanya konsep ini komputer ini dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk selain itu bisa menghitung daftar gaji. Sehingga pada saat itu munculah bahasa-bahasa pemrograman, saat itu bahasa pemrograman yang mulai umum digunakan adalah Common Business-Oriented Language (COBOL) dan juga Formula Translator. (FORTRAN) sehingga bahasa pemrograman ini telah bisa menggantikan kode-kode sebelumnya yang rumit dengan kalimat dan juga rumus matematika yang dapat lebih mudah dipahami oleh para penggunanya. Tentunya dengan adanya hal ini maka seseorang dapat mengatur komputer dan juga mudah untuk memprogram. Saat itu kemudian mulailah bermunculan prefesi baru yakni : programmer, ahli sistem komputer, dan juga analis sistem. Selain itu di masa komputer generasi kedua ini mulailah bermunculan Usaha Piranti Lunak. Untuk koomputer generasi ketiga bisa klik tautan ini.

0 komentar: