Home » » Jenis - Jenis Harddisk

Jenis - Jenis Harddisk

Harddisk  adalah sebutan lain dari hard drive atau drive disk . Adalah sebuah bagian yang mendasari sebuah komputer  pada saat ini . Harddisk adalah tempat dimana semua program-program yang anda jalankan di komputer anda tersimpan . Hingga apabila harddisk anda rusak karena faktor tertentu , maka anda dapat kehilangan beberapa data dari komputer anda .  

Sebuah harddisk memiliki metode penymimpanan yang hampir menyerupai piringan kaset atau kaset video . Harddisk berisi piringan seperti cermin yang dilindungi lapisan magnetik yang halus di permukannya . Piringannya pun biasanya terbuat dari alumunium atau  kaca , pada bahan inilah biasanya akan dilapisi magnet yang menciptkan efek mengkilat pada piringan , Kebersihan piringan perlu diproritaskan  karena setitik debu pun dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki . 

Dan berikutnya kita akan membahas definisi tentang macam-macam harddisk diatas . Pertama kita akan membahas tentang ATA
 
1. ATA 

ATA adalah harddisk yang umumnya digunakan oleh pengguna komputer pada umumnya . ATA lebih dikenal dengan IDE drive . Tipe ATA dibuat menyesuaikan standar pada tahun 1986 , dimulai dengan mengggunakan 16 Bit paralel . dan terus berkembang menyesuaikan kecepatan transfer .
ATA ysng merupakan singkatan dari   Advanced Technology Attachment  digunakan untuk mengawasi peralatan komputer . Dan telah dipakai kurang lebih 18 tahun menjadi standard .

2. SATA  


SATA dilengkapi dengan 15 pin kabel dengan 250 mV jauh lebih banyak dari pada ATA yang hanya 4 pin . Hanya saja SATA memiliki kelebihan lebih cepat dalam pencapaian maximum bandwith yaitu 150 MB/sec 
Selain itu kelebihan SATA adalah diciptakan dengan kemampuan hot swap , yaitu dapat menyalakan dan mematikan tanpa melakukan shut down pada sistem komputer . 
Akan tetapi drive SATA sedikit  lebih mahal dengan drive ATA . Pada intinya dirve SATA lebih baik dari ATA , wajar saja drive SATA lebih mahal karena tingginya harga berbanding lurus dengan kualitasnya . SATA lebih menguntungkan dari segi connector power dan performanya . Dan para produesn telah memilih SATA sebagai standart .
 
3. SCSI 

SCSI merupakan singkatan dari Small Computer System Interface adalah jenis interface yang digunakan sebagai perangkat komputer seperti harddrive , drive optik dan lain-lain .

Sebetulnya SCSI adalah perangkat yang lebih kuat dan lebih cepat dari daripada IDE dan lebih banyak digunakan oleh server secara tradisional . Selain kecepatannya , SCSI juga dapat menghubungkan 15 perangkat dalam satu mata rantai .

Peringatan!! untuk pegguna laptop, . harus amat sangat berhati-hati dalam mempelakukan laptop karena harddisk dalam laptop sangatlah rentan . Setiap kali agan memindahkan laptop waspadalah ketika meletakannya , letakanlah dengan sangat lebut , apabila memindhkannya dengankasar maka bisa saja terjadi harddisk anda mungkin akan berhenti sama sekali. Baca juga bagian-bagian harddisk.

0 komentar: