Home » » Hardware Output Devices

Hardware Output Devices





Output Device atau dalam bahasa indonesia perangkat keluaran adalah sebuah perangkat keras yang berperan sebagai media penerjemah informasi yang dihasilkan oleh proses komputer. Dengan Output device maka komputer dapat menyampaikan hasil dari sebuah proses data kepada manusia sebagai pengguananya. Informasi yang disampaikan bisa dalam bentuk visual yang terlihat oleh mata melalui layar, terdengar oleh telinga atau tergambar/tertulis di kertas.
Secara umum ada 5 yang termasuk dalam kategori output device yaitu :




1.    Monitor

Monitor adalah perangkat output yang paling umum. Monitor menampilkan informasi dalam bentuk tulisan, gambar dan video. Monitor bisa dibedakan berdasar ukuran, resolusi, teknologi, refresh rate dan juga warna. Baca lebih lengkap disini.



2.    Speaker and Headphone


Speaker dan head phones adalah perangkat output yang menghasilkan bunyi baik itu dalam bentuk musik maupun suara. Speaker dan head phone terhubung melalui sebuah kabel yang ditancapkan pada sound card (perangkat pengolah suara)

3.    Printer


Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak. Hasil cetak bisa berupa karakter, tulisan, simbol maupun gambar yang terlihat diatas kertas, hasil output ini juga sering disebut dengan hard copy. Printer bisa dihubungkan ke komputer melalui kabel serial RS232 untuk printer jenis lama, dan USB untuk jenis-jenis printer terbaru. Dengan kemajuan teknologi sekarang, printer juga bisa digunakan melalui wireless (tanpa kabel). Baca lebih lengkap disini.

4.    Projector


Projector adalah perangkat output yang secara fungsi mirip dengan monitor tapi menghasilkan tampilan yang lebih besar. Cara kerja projector adalah memantulkan cahaya berupa objek4. Tulisan maupun gambar yang dihasilkan dari proses komputer.

5.    Plotter


Plotter adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak gambar jenis vektor yang terdiri dari titik-titik koordinat yang membentuk sebuah gambar. Secara fungsi sama dengan printer tapi cara kerja proses cetaknya berbeda. Baca lebih lengkap disini.

0 komentar: