Home » » Cara Memasang Konektor RJ-45 pada Kabel UTP

Cara Memasang Konektor RJ-45 pada Kabel UTP


Ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu bahwa apabila dalam pemasangan terjadi kesalahan maka konektor tersebut tidak dapat digunakan lagi, harus diganti dengan konektor yang baru, jadi yang perlu diingat adalah urutan kabel harus sesuai dengan aturan yang sudah menjadi standar dalam menghubungkan dengan konektor.

Untuk menghubungkan konektor RJ-45 dengan kabel UTP, peralatan yang dibutuhkan adalah, Kliping Tool (Tang khusus menghubungkan kabel UTP dgn Konektor), Gunting atau Cutter. Menurut saya dengan ketiga alat ini, kita sudah bisa menghubungkan konektor RJ-45 dengan kabel UTP.

Cara Pasang Konektor RJ-45 pada kabel UTP

1. Kupas pelapis luar kabel.
2. Buka lilitan untuk masing-masing pasangan kabel
3. Urutkan berdasarkan nomor urut standar kabel untuk jaringan (lihat cara mengurutkan kabel di bawah)
4. Potong bagian ujung kabel yang tidak digunakan (ujung kabel harus sama panjang)
5. Masukkan kabel ke dalam lobang konektor RJ-45
6. Pastikan ke 8 kabel sudah masuk dengan benar
7. Gunakan Cliping Tool untuk menguatkan konektor dengan kabel.

Cara Mengurutkan Kabel.

Oleh karena seutas kabel terdiri dari dua ujung maka di sini saya namakan ujung 1 dan ujung 2. Untuk kebutuhan kabel dengan pemasangan lurus (stright), biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan HUB, urutan standarnya adalah :

Ujung Kabel 1 dan 2 di urutkan sama yaitu :
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

Sedangkan untuk urutan kabel standar silang (cross), biasa digunakan untuk menghubungkan Komputer dengan Komputer atau HUB dengan HUB, berikut adalah cara pasangnnya :

Ujung Kabel 1 :
1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange
7. Putih Coklat
8. Coklat

Ujung Kabel 2 :
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

Cara Pasang Konektor RJ-45 pada Kabel UTP di atas harus dilakukan dengan hati-hati karena biaya untuk konektor dan kabel cukup mahal. Yang terpenting adalah memperhatikan apakah kabel yang dimasukkan ke dalam konektor, benar-benar sudah berada di posisi yang tepat atau belum, kalau belum ditekan lebih keras lagi agar kabelnya benar-benar masuk. Jika masih gagak juga, kabel tidak sampai masuk mencapai pin penekan, sebaiknya keluarkan kabel dari konektor dan potong serta urutkan ulang kemudian masukkan kembali, sebelum di clip dengan slipping tool

0 komentar: