Home » » Definisi Server

Definisi Server

Server merupakan komputer pusat yang dapat melayani semua komputer client yang terhubung dalam jaringan komputer. Server bisa disebut juga terminal induk dimana kontrol terpusat terhadap jaringan komputer. Server dalam jaringan komputer berguna untuk melayani dan mengatur semua perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan komputer, termasuk perangkat tambahan seperti printer dan lain-lain. Beberapa layanan yang diberikan oleh server terhadap komputer lain antara lain:

  1. Resource sharing, merupakan istilah dari fungsi server untuk melayani penggunaan perangkat tambahan secara bersama-sama. (contoh: penggunaan pronter, penggunaan scaner dan lain-lain).
  2. Data sharing, dengan adanya server memungkinkan pengguna komputer untuk melakukan pengolahan data maupun informasi secara bersama-sama.
  3. Mengatur sekuritas dalam jaringan, sehingga membuat data yang tersimpan di dalam komputer server lebih aman.
  4. Mengatur hak akses terhadap pengguna jaringan komputer sehingga dengan adanya server admin dapat mengatur siapa yang berhak mengatur server maupun siapa yang saja yang tidak berhak mengatur server, hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan data yang tersimpan dalam komputer server.

0 komentar: